Pengertian dan Manfaat Virtualisasi Pada Virtualbox

Pengertian dan Manfaat Virtualisasi Pada Virtualbox - Setiap orang pasti akan kesulitan apabila ingin mencoba suatu sistem operasi baru pada pc nya, padahal disisi lain hanya memiliki satu pc yang berarti apabila ingin mengganti nya harus install ulang yang membuat semua data/aplikasi yang sudah dimiliki harus direlakan hilang. Atau mungkin seseorang yang bergelut di bidang jaringan, yang mewajibkan dia membangun sebuah topologi atau interaksi antara client dan server yang tidak cukup apabila hanya menggunakan software simulator biasa, padahal dia hanya memiliki 1 pc saja. 
Tenang saudara-saudara, semua masalah itu bisa teratasi dengan kehadiran virtual machine atau VM. Dan VM yang akan kita bahas disini adalah Virtualbox. di postingan kali ini kita akan membahas mengenai virtualbox secara general beserta manfaat-manfaatnya.

Apa itu virtualisasi ?

Virtualisasi bisa diartikan sebagai pembuatan suatu bentuk atau versi virtual dari sesuatu yang bersifat fisik. Dengan kata lain menggantikan fungsi fisik dari sistem itu sendiri yang dijalankan pada platform tertentu. Jadi dengan adanya virtualisasi ini, kita tidak perlu ambil pusing lagi dengan keterbatasan sumber daya yang kita miliki, toh sekarang sudah banyak software atau aplikasi yang memvirtualkan berbagai macam hal sesuai dengan kebutuhan kita. 

Apa itu Virtualbox ?
Diatas sudah sangat dijelaskan pengertian mengenai virtualisasi itu sendiri kan. Nah disini pengertian virtualbox adalah sebuah software yang berfungsi memvirtual kan sebuah sistem operasi yang ada pada sebuah pc yang bisa dijalankan sebagai mana bentuk aslinya. Software ini bersifat free dan dikembangkan oleh Oracle. Virtualbox ini lah yang menjawab semua masalah yang sudah kita jabarkan diawal. Kita bisa menjalankan lebih dari satu sistem operasi pada satu desktop pada saat yang bersamaan. Keuntungan lain menggunakan virtualbox adalah bisa diintegrasi kan dengan software simulator jaringan seperti GNS3 sehingga kita bisa membangun sebuah topologi tanpa harus memiliki peralatan fisiknya. Hal ini dapat diartikan bahwa kita bisa sangat menghemat pengeluaran biaya untuk pengadaan perangkat keras dalam suatu sistem tertentu.

Hal yang harus diperhatikan !
Tapi perlu diingat juga bahwa dalam menjalankan virtualbox RAM dan ROM kita akan terbagi sesuai dengan alokasi yang kita berikan pada satu sistem operasi. Jadi meskipun virtualbox bisa menjalankan banyak sistem operasi sekaligus, hal tersebut akan dibatasi oleh RAM dan ROM yang dimiliki oleh pc kita. Dan apabila kita salah perhitungan akan mengakibatkan pc kita Hang atau bahkan rusak.


Demikian postingan mengenai virtualbox ini, semoga bermanfaat yaa :)
Previous
Next Post »